DITENGAH PANDEMI COVID 19 , ANTUSIAS WARGA CIPEDES BERQURBAN TETAP TINGGI

oleh

TATANG Ketua RT 05/09 kelurahan cipedes ; Ditengah PANDEMI COVID 19 , ANTUSIAS WARGA CIPEDES BERQURBAN TETAP TINGGI

CIPEDES SUKAJADI-BANDUNG, SILIWANGINEWS  ====  Meskipun masih dalam situasi pandemi covid19 dan hingga saat ini belum hengkang dari bumi pertiwi ini, namun tidak menyurutkan antusias masyarakat untuk berqurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Ini terlihat dari pantauan  SILIWANGINEWS  pada hari ini, (2/8/2020) Iduladha, hampir di semua RW sekelurahan Cipedes, Kec. Sukajadi Bandung

barlangsung pemotongan hewan qurban seperti sapi dan kambing/domba. Namun di Kelurahan Cipedes ini, hewan qurban lebih didominasi oleh jenis ternak kambing/domba.

Seperti yang dilaksanakan di RT 05/09 kelurahan cipedes kecamatan Sukajadi Kota Bandung pagi ini.dua ekor sapi dan sembilan ekor kambing/domba yang merupakan qurban dari warga RT 05/09 kelurahan cipedes ini, dipotong dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Pelaksanaan qurban bersama di RT 05/09 kelurahan cipedes ini memang sudah berlangsung setiap tahun, setiap tahun setidaknya 2 atau 3 ekor sapi disembelih untuk qurban warga setempat, dimana satu ekor sapi untuk 7 orang.dan satu ekor kambing/domba untuk satu orang.
Ketua RT setempat TATANG, mengungkapkan bahwa meskipun dalam situasi pandemi, minat warga untuk berqurban tetap tinggi. Dia merasa jika tidak ada qurban di wilayahnya ini, terasa ada sesuatu yang terasa kurang, disamping kesadaran warga untuk berqurban memang cukup tinggi dalam beberapa tahun terakhir ini.

“Qurban bersama warga ini sudah berjalan setiap tahun, dan tidak pernah kosong setiap tahunnya, ini karena kesadaran warga disini untuk berqurban sangat tinggi, jadi walaupun sekarang situasi pandemi, qurban ini tetap kami prioritaskan, karena ini kan perintah agama.”ungkap TATANG Ketua RT 05/09 kelurahan cipedes, di sela-sela pembagian daging qurban kepada yang berhak menerimanya.

Yang berbeda tahun ini, acara pemotongan qurban kali ini tidak disertai makan bersama, mengingat masih dalam penerapan protokol kesehatan dan pembatasan fisik (phyisical distancing).

“Yang mungkin terasa kurang, tahun ini tidak ada acara makan bersama seperti tahun-tahun sebelumnya, ini sengaja kami tiadakan untuk menghindari kerumunan warga” lanjut Ketua RT 05/09 Kelurahan Cipedes TATANG .

Tingginya antusias warga di kelurahan cipedes ini juga diungkapkan oleh Lurah Cipedes H.Dedi Rustandi SH
Menurutnya, Bukan hari ini saja, pada hari raya Idul Adha pertama kemarin, juga sudah banyak warga yang melakukan pemotongan hewan qurban, namun menurut penuturan , hari ini lebih banyak pemotongan qurban karena kemarin hari Jum’at sehingga waktunya singkat.”pungkasnya.”
Lurah Cipedes H. Dedi Rustandi juga memprediksi, selain hari ini, pemotongan qurban juga masih akan berlangsung dua hari kedepan, karena waktu pemotongan qurban adalah 4 hari, yaitu hari raya Idul Adha pertama ditambah dengan 3 hari tasyrik.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemotongan hewan bukan hanya kemarin dan hari ini, sepertinya besok dan lusa juga masih akan ada pemotongan hewan qurban, tapi mungkin puncaknya hari ini” tutur Lurah Cipedes H. Dedi Rustandi SH.

Lanjut lurah cipedes H. Dedi Rustandi SH. Sesuai dengan himbauan pemerintah daerah setempat tentang penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan Idul adha dan penyembelihan qurban, pelaksanaan peneyebelihan qurban pada hari ini.di beberapa lokasi, sudah menerapkan protokol kesehatan. Panitia sudah menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun dan masyarakat yang terlibat dalam pemotongan hewan qurban, sebagian besar sudah menggunakan masker dan jumlah orangnya dibatasi.”tutup Lurah Cipedes H.Dedi Rustandi SH.

(Edison/ Rahmien ) Siliwanginews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *