GUN GUN  SAPTARI DIRUT PD. KEBERSIHAN Kota Bandung Antisipasi Sampah Malam Takbir Hari Raya Idul Fitri 1441 H Ditengah Pendemi Covid-19

oleh

GUN GUN  SAPTARI DIRUT PD. KEBERSIHAN Kota Bandung Antisipasi Sampah Malam Takbir Hari Raya Idul Fitri 1441 H Ditengah Pendemi Covid-19

BANDUNG, SILIWANGI NEWS  === Menjelang hari raya Idul Fitri 1441 H yang beberapa hari lagi akan dijumpai, PD .KOTA BANDUNG menggelar Konferensi Pers terkait perkembangan dan persiapan Operasi Penanggulangan Sampah Malam Takbir, Bertempat di jalan Surapati No. 126 Bandung, Rabu (20/5-2020 ) .

Pjs. Direktur Utama  PD. KEBERSIHAN KOTA BANDUNG Gun Gun Saptari Hidayat mengungkapkan,” Menjelang hari raya idul fitri ditengah pandemi Covid-19 tahun ini, sangat berbeda sekali dengan tahun tahun sebelumnya.

“Tren pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti mengalami penurunan, baik dalam volume maupun ritasi, sebelum Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kota Bandung menghasilkan sampah sebesar 1347 ton/hari yang diangkut sebanyak 266 rit/hari. Namun, saat dilaksanakan PSBB, kota Bandung menghasilkan sampah sebesar 1277 ton/hari dengan jumlah 253 rit/hari “, tandas Gun Gun.

“Penurunan volume sampah yang dihasilkan tersebut sebesar 5,19 % dengan ritasi angkutan ke TPA sebesar 4,88%. Penurunan terbesar terjadi pada sektor komersial terutama hotel, saat PSBB dibandingkan dengan sebelum PSBB yakni sebesar 79%, sedangkan untuk sampah rumah tangga cenderung tidak mengalami perubahan,” katanya.

“Menjelang malam takbir hari raya idul fitri 1441 H, PD KEBERSIHAN KOTA BANDUNG  siap membersihkan kota Bandung dan membantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk penentuan jumlah pegawai operasional di malam takbir dan juga menerapkan standar protokol kesehatan yang disarankan oleh Pemerintah pusat,” tegas Gun Gun.

“Adapun personil yang akan kita turunkan pada momentum malam Takbir hari raya idul fitri 1441 H sebanyak 861 orang, berbeda dengan sebelum diberlakukannya PSBB, PD. Kebersihan kota Bandung menurunkan sekitar 1282 Personil untuk malam takbir idul fitri”, ungkapnya.

“Personil yang diturunkan sebanyak 861 orang tersebut terdiri dari penyapu jalan raya, pengemudi dan kru angkutan agar kota Bandung tetap bersih. Setiap personil dibekali Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap yaitu hand sanitizer, sarung tangan, masker dan tambahan vitamin saat menjalankan tugas ditengah kondisi pandemi Covid-19,” papar Gun Gun.

Gun Gun menuturkan, Adapun personil tersebut yang akan di turunkan meliputi : Bidang Wilayah Operasional Bandung Barat sebanyak 244 orang, Bidang Wilayah Operasional Bandung Selatan sebanyak 241 orang, Bidang Wilayah Operasional Bandung Utara sebanyak 152 orang, Bidang Wilayah Operasional Bandung Timur sebanyak 93 orang, Bidang P3S sebanyak 6 orang, Bidang Teknik sebanyak 9 orang dan Bidang Pelsus sebanyak 116 orang.

“Selain adanya petugas, kamipun memasang beberapa spanduk himbauan tentang kebersihan dengan harapan, masyarakat akan membaca dan mengingat terus pesan yang disampaikan, sehingga tidak akan membuang sampah sembarangan,” pungkas Gun Gun.

(Iwa Permana) Martika Edison

Siliwangi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *